Ekonomi

Kesenjangan Digital Tinggi, Tri Buka Akses Internet bagi Pelajar

×

Kesenjangan Digital Tinggi, Tri Buka Akses Internet bagi Pelajar

Sebarkan artikel ini
“Jelajah Tri Palu” yang dirangkaikan dengan Tri Goes to School di aula sekolah SMAN 2 Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (26/8/2025). Foto: Taufan Bustan/Eranesia.id

INDOSAT Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand Tri terus berkomitmen menghadirkan akses internet merata bagi generasi muda Indonesia.

Tri meyakini, konektivitas yang cepat dan terjangkau menjadi kunci penting untuk mendukung proses belajar sekaligus pengembangan diri pelajar, termasuk mereka yang berada di pelosok.

Sebagai wujud nyata, Tri mendukung digitalisasi pendidikan dengan menghadirkan akses internet di sejumlah SMA di Sulawesi.

Program ini memastikan siswa merasakan manfaat konektivitas untuk kegiatan belajar maupun peningkatan keterampilan.

Kesenjangan digital di Sulawesi masih cukup besar. Survei APJII 2024 mencatat rata-rata penetrasi internet di wilayah ini baru 65,67 persen.

Sulawesi Tengah bahkan lebih rendah, yakni 60,47 persen. Data Kementerian Komunikasi dan Digital juga menunjukkan lebih dari 70 persen sekolah di Sulawesi belum memiliki akses internet tetap (fixed broadband).

Untuk menjawab tantangan itu, Tri mendonasikan router internet lengkap dengan kuota data ke sekolah-sekolah hingga pelosok. Setiap router berisi kuota total 375 GB yang bisa langsung dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar mengajar. Salah satu penerima bantuan adalah SMAN 2 Palu.

“Kami berkomitmen mendukung digitalisasi sekaligus meningkatkan literasi digital generasi muda. Dengan Tri yang hemat dan sinyal cepat, kami ingin menjembatani kesenjangan digital serta mendorong siswa di Sulawesi menjadi lebih produktif, kreatif, dan berdaya saing,” kata EVP Head of Circle Kalisumapa IOH, Swandi Tjia dalam siaran pers yang Eranesia.id terima, Rabu (3/9/2025).

Kepala SMAN 2 Palu, Edy Siswanto menyampaikan apresiasinya. “Router internet ini sangat membantu kegiatan belajar mengajar sekaligus memberi peluang siswa lebih kreatif memanfaatkan teknologi digital,” ujarnya.

#MudahnyaKebaikan

Program donasi ini menjadi bagian dari kampanye tahunan #MudahnyaKebaikan dari Tri. Lewat kampanye ini, pelanggan dapat berbagi kebaikan dengan mudah, cukup melalui donasi kuota yang diwujudkan dalam bentuk bantuan router internet bagi sekolah yang membutuhkan.

Setelah hadir di Sulawesi, inisiatif serupa akan diperluas ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Sebagai brand yang dekat dengan Gen Z, Tri juga menyediakan Paket Isi Ulang Happy mulai dari Rp5.000, dengan kuota hemat untuk mendukung aktivitas digital anak muda tanpa harus mengorbankan kegiatan lain.

Pelanggan bisa mengunduh aplikasi bima+ di Google Play dan App Store untuk menikmati berbagai penawaran, atau mengunjungi @triindonesia di media sosial dan situs resmi tri.co.id/happy

Rilis | Editor : Taufan