Ekonomi

IOH Tunjukkan Komitmen Dukung Digitalisasi Ritel Nasional

×

IOH Tunjukkan Komitmen Dukung Digitalisasi Ritel Nasional

Sebarkan artikel ini
Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Muhammad Buldansyah menjadi pembicara pada Indonesia AI Day for Retail Industry. Dok: IOH/Eranesia.id

INDOSAT Ooredoo Hutchison (IOH) melalui Indosat Business menegaskan kembali perannya sebagai katalis transformasi digital nasional di sektor ritel.

Perusahaan itu menggelar Indonesia AI Day for Retail Industry untuk mempercepat digitalisasi ritel di Indonesia.

Acara ini mempertemukan pelaku industri ritel dengan teknologi mutakhir. Tujuannya mempercepat adopsi kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), dan konektivitas real-time di seluruh perjalanan pelanggan.

Dengan tema “Empowering Retail Indonesia’s Digital Transformation: From Business Insights to Storefront Impact Harnessing AI to Power Indonesia’s Retail Future”, acara ini menghadirkan ratusan peserta dari berbagai sektor, mulai dari e-commerce hingga gaya hidup.

Mereka membahas cara memanfaatkan AI untuk memperkuat daya saing ritel Indonesia.

Indosat menghadirkan solusi end-to-end seperti kampanye pemasaran personal, katalog produk digital, dan sistem pembayaran terintegrasi.

Seluruh layanan berada dalam satu platform digital yang menciptakan pengalaman belanja lebih personal, aman, dan efisien.

Sektor ritel menjadi fokus karena menyumbang lebih dari 13 persen PDB nasional dan menyerap 20 juta tenaga kerja.

Namun, tingkat digitalisasi yang masih rendah membuat transformasi berbasis AI sangat penting agar ritel Indonesia lebih efisien dan kompetitif.

“Dunia ritel berkembang dengan ekspektasi pelanggan yang terus meningkat. Transformasi digital menjadi keharusan,” kata Director & Chief Business Officer IOH, Muhammad Buldansyah, dalam siaran pers yang diterima Eranesia.id, Kamis (9/10/2025).

“Melalui Indonesia AI Day, kami berkomitmen menyediakan solusi digital untuk mempercepat pertumbuhan ritel nasional. Implementasi AI akan membuat pengelolaan ritel lebih efisien dan meningkatkan pengalaman pelanggan,” sambungnya.

Digitalisasi ritel diproyeksikan tumbuh 15 persen pada periode 2024–2029.
Pertumbuhan itu didorong oleh omnichannel commerce, otomatisasi, dan personalisasi berbasis AI.

Pemerintah bersama pelaku industri juga memperluas akses e-payment untuk memperkuat ekosistem ritel modern dan mendukung Visi Indonesia Emas 2045.

Butuh Inovasi Relevan

Ketua Umum Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) Budihardjo Iduansjah menyambut baik inisiatif tersebut.

“Industri ritel membutuhkan inovasi relevan agar tetap kompetitif. Kolaborasi antara asosiasi, pelaku usaha, dan mitra teknologi seperti Indosat menjadi kunci akselerasi pertumbuhan di era digital,” ujarnya.

Acara ini juga menghadirkan Executive Talkshow bertajuk “Smart Retail in Action”.
Sejumlah pemimpin industri seperti Chandra Hermawan (Alfa Gift), Rudy A. Dalimunthe (Tokopedia & TikTok Shop), dan Edo Karensa (YCP Group) berbagi pandangan tentang inovasi digital yang memperkuat daya saing ritel.

Selain diskusi, Solution Showcase menampilkan portofolio produk dan solusi teknologi Indosat yang mendukung ekosistem ritel modern.

Teknologi ini menyatukan seluruh rantai operasional dalam satu ekosistem digital terpadu.
Dengan sistem tersebut, peritel dapat beroperasi lebih efisien dan memberikan pengalaman belanja unggul.

Langkah ini menunjukkan komitmen Indosat untuk memperkuat pertumbuhan ritel nasional secara berkelanjutan. Transformasi digital menjadi kunci menuju industri ritel yang inklusif dan berdampak nyata.

Rilis | Editor : Muh Taufan